| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Terapkan BPP Model Kostratani, Polbangtan Malang Terjunkan Tim ke Kabupaten Probolinggo

Terapkan BPP Model Kostratani, Polbangtan Malang Terjunkan Tim ke Kabupaten Probolinggo

Komando Strategis Pembangunan Pertanian (KostraTani) yang digagas Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo berfungsi sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian. Selain itu juga sebagai pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis dan pusat pengembangan jejaring dan kemitraan.

KostraTani yang ideal, menurut Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), didukung data dan informasi di BPP misalnya data luas tambah tanam, data panen, dan data lain.

Ada program utama dari 11 unit kerja eselon satu Kementan, terkoneksi dengan griculture War Room (AWR) Kementan, termasuk laporan-laporan kegiatan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP).

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang sebagai perguruan tinggi vokasi dilingkup Kementan telah menerjunkan tim pendamping ke wilayah kostratani binaan yaitu Kabupaten Probolinggo untuk melakukan sosialisasi pengembangan BPP Model Kostratani, Senin (24/8/2020).

Sosialisasi2.jpg

Wahyu Windari, Spt., M.Sc selaku tim pendamping dari Polbangtan Malang menyampaikan bahwa pihaknya siap melakukan bimbingan agar para penyuluh dan petugas di BPP se Kabupaten Probolinggo agar terkoneksi ke AWR Kementan.

Sementara itu, Ir. Nanang Trijoko S, MM. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Probolinggo menegaskan bahwa kedepan tugas kita semakin berat, karena tidak hanya bekerja untuk ketahanan pangan tapi nantinya kita juga perlu berjuang untuk mewujudkan kedaulatan pangan.

“Daulat Pangan harus dipersiapkan,” tegas Nanang dengan singkat.

Pertemuan yang dilakukan antara pihak Polbangtan Malang dengan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Probolinggo ini sekaligus menandai akan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi dan Implementasi Pendampingan BPP Model Kostratani Kabupaten Probolinggo, pada 24 -25 Agustus 2020.

Dalam kegiatan yang akan dilaksanakan selama 2 hari tersebut, tim dari Polbangtan Malang akan melakukan sosialisasi kepada para penyuluh dan petugas di setiap BPP yang ada ditingkat kecamatan sehingga bisa terkoneksi ke AWR Kementan dengan cara dibimbing bagaimana menginput data dalam aplikasi yang sudah ada.

Harapannya BPP Model Kostratani yang ada di Kabupaten Probolinggo ini khsusunya bisa menjadi sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis dan pusat pengembangan jejaring dan kemitraan. (*)


Sumber : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/292659/terapkan-bpp-model-kostratani-polbangtan-malang-terjunkan-tim-ke-kabupaten-probolinggo

Leave a Reply