| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Vocation Partnership Program Polbangtan Malang-PT Indolakto

 

Vocation Partnership Program Polbangtan Malang-PT Indolakto

Mahasiswa Program Studi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan (PPKH) Polbangtan Malang memaparkan hasil selama praktik magang di PT Indolakto, Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Kegiatan ini merupakan bagian dari Vocation Partnership Program PT Indolakto dengan PolbangtanMalang.

Sebelumnya, sebanyak 30 mahasiswa Prodi PPKH melaksanakan praktik lapang untuk menekan peningkatan Total Plate Count (TPC) pada produksi susu peternak. Selama sebulan, mereka ditempatkan di 8 koperasi binaan PT. Indolakto yang tersebar di wilayah Jawa Timur.

Mahasiswa secara bergantian memaparkan kondisi nyata peternak berdasarkan data yang ada di lapangan. Pemaparan hasil magang, Rabu (17/8/2019) disaksikan langsung oleh Direktur Polbangtan Malang Dr. Bambang Sudarmanto, dosen pembimbing, dan jajaran pimpinan PT Indolakto.

Menurut Dewi R.A. Daning, MSc, salah satu dosen pembimbing, ada berbagai kegiatan yang dilakukan mahasiswa peserta magang dalam melaksanakan pendekatan terhadap peternak, mulai dari pengambilan data, pendampingan dan penyuluhan.

“Mahasiswa (peserta magang) berkewajiban untuk memberikan penilaian pada tingkat peternak, tingkat pos penampungan dan tingkat pengiriman susu,” ujar Dewi RA Daning, Kamis (18/7/2019).

Untuk mendukung kegiatan agar sesuai sasaran, kata dia, mahasiswa dibekali instrumen pengamatan yang merupakan SOP (Standard Operating Procedure) penanganan susu di IPS dari Indolakto.

Kegiatan seperti ini, lanjutnya, sejalan dengan pembelajaran Tefa (Teaching Factory) dalam mata kuliah Teknologi Produksi Ternak Perah yang melibatkan DUDI, sehingga mahasiswa dapat secara langsung memperoleh gambaran dunia industri bidang sapi perah.

Ia berharap, adanya pemaparan hasil magang oleh mahasiswa ini dapat melahirkan ide-ide perbaikan yang dapat dilakukan.

Mahasiswa menyambut baik praktik magang ini. Dengan kegiatan ini, menurut Joshua sebagai peserta magang, mahasiswa dapat berkontribusi nyata dalam perubahan perilaku peternak guna menekan peningkatan TPC melalui kegiatan penyuluhan yang telah dilakukan.

Respon positif juga disampaikan Randy dari tim FMDS PT Indolakto. “Dengan adanya program seperti ini kami merasa sangat terbantu, dan jika program perlombaan dinilai oleh rekan-rekan mahasiswa sebagai salah satu cara untuk dapat meningkatkan motivasi peternak dalam meningkatkan kualitas susu, maka program itu akan kami lanjutkan dan kembangkan,” ujarnya

Sementara itu, Dr Bambang Sudarmanto mengungkapkan, rencananya dalam kerja sama antara Polbangtan Malang dan PT Indolakto ini, akan disertakan juga magang dosen pengampu mata kuliah yang terkait dengan produksi dan pengolahan susu. “Sehingga dosen akan dapat lebih mengarahkan proses pembelajaran yang in line dengan perkembangan dunia sapi perah,” ujarnya. (*)


 

Sumber :

https://m.timesindonesia.co.id/read/221048/20190718/200610/vocation-partnership-program-polbangtan-malangpt-indolakto/

Leave a Reply