| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel Ungkap Persoalan Petani

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel Ungkap Persoalan Petani

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel membuka Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas petani dan penyuluh Pertanian di wilayah Koordinasi Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang), Jumat (19/3/2021) di Jember.

Di hadapan para peserta bimtek, pria yang pernah menjabat Menteri Perdagangan itu mengatakan persoalan yang dihadapi para petani harus diselesaikan. Ia menyebut ada dua persoalan, yakni pupuk dan bibit.

“Kita harus pecahkan persoalan pupuk dan bibit ketika masa tanam, maupun ketika masa panen jangan sampai harganya jatuh,” kata anggota DPR RI Dapil Gorontalo ini.

“Ini isu yang selalu saya dengar kalau ke daerah-daerah. Dua itu aja, nggak ada yang lain,” sambungnya.

Pada waktu kampanye, kata dia, persoalan pupuk dan bibit juga sering dikeluhkan oleh para petani. Pun dengan harga komoditas pertanian saat masa panen, petani meminta jangan sampai jatuh. “Permintaan petani cuma itu,” ucapnya.

Maka dari itu, kata Rachmat Gobel, persoalan pertanian tersebut harus diselesaikan dari hulu sampai hilir.

Ia sempat menyinggung soal impor beras yang disebutnya telah menjadi persolaan sejak dua tahun lalu.

“Itu juga menjadi pelajaran, kenapa harus menyelesaikan menuntaskan persoalan pertanian hulu sampai hilir,” ucapnya.

Persoalan impor beras, kata dia, dikarenakan tidak adanya data yang konkret. Ia menyebut adanya perbedaan data antar kementerian /lembaga, seperti Kementan, Kemendag, Bulog, dan BPS.

Untuk itu, Rachmat Gobel menegaskan komitmennya terhadap permasalahan pertanian. “Saya nggak main-main kalau soal pertanian. Dan itu bagian dari ibadah kita semuanya,” ucapnya.

Dalam upaya menuntaskan permasalahan pertanian dari hulu sampai hilir, dia mengundang menteri-menteri terkait untuk membahasnya.

“Saya mengundang menteri menteri terkait dari BUMN, keuangan, ESDM, pertanian, koperasi, industri untuk membahas dari hulu sampai hilir,” ujarnya.

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel yang membuka bimtek bagi petani dan penyuluh di Jember, didampingi oleh anggota Komisi IV DPR RI H.Charles Meikyansah.(*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/335071/wakil-ketua-dpr-ri-rachmat-gobel-ungkap-persoalan-petani#.YFRy1dalaO8.whatsapp

Leave a Reply